Kabupaten Lebak Menjadi Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Tahun 2022
Admin | 23 November 2022 | Dibaca 1177 kali

Rembuk Nasional Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja berbasis Kawasan Tahun 2022 di Jakarta

Jakarta – Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, S.E. M.Si dan Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lebak H. Maman Suparman, S.ST., M.Si menghadiri kegiatan Rembuk Nasional Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja berbasis Kawasan Tahun 2022 di Jakarta, 11 November 2022. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka meberdayakan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) agar mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dan IPB University.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pengembangan kesempatan kerja berbasis kawasan merupakan langkah strategis, transformatif, dan inovatif dari Kemnaker dalam mendukung akselerasi pembangunan ketenagakerjaan yang berkelanjutan. 

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu upaya dalam pembangunan ketenagakerjaan dan menciptakan alternatif peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di masing-masing kawasan," kata Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya ketika membuka Rembuk Nasional Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Tahun 2022, di Jakarta, Jumat (11/11/2022). 

Pemerintah Kabupaten Lebak khususnya Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lebak, menyambut baik program yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini. Terlebih angka pengangguran di Kabupaten Lebak masih terbilang tinggi. Menurut data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Lebak tingkat pengangguran di Kabupaten Lebak pada tahun 2021 yakni sekitar 7,86 persen atau sekitar 49.970 orang. Hal ini tentu menjadi fokus utama Disnaker Kabupaten Lebak dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Lebak.





Semoga dengan terjalinnya kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Civitas Akademi dalam program Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan ini dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Lebak sehingga angka pengangguran di Kabupaten Lebak dapat menurun.

BAGIKAN :